RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
SMP Negeri 1 Tanah Pinem
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: IX/Ganjil
Materi
Pokok : Teks Interaksi Interpersonal; Menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi
Alokasi
Waktu : 1 Minggu x 4
Jam Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
B.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Menirukan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata
yang benar
· Mengidentifikasi ungkapan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi dari teks yang dibaca
· Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
· Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi
lain yang serupa.
|
4.1 Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan
selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•
Menirukan
beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
•
Mengidentifikasi
ungkapan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
dari teks yang dibaca
•
Menanyakan
hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
•
Menentukan
ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
•
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
D.
Materi
Pembelajaran
·
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
· Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur kebahasaan
-
Ungkapan a.l. Congratuloations,
I hope so, I wish you luck; dll.
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Prestadi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat di KI
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab,
wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
1.
Media
v Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
v Lembar penilaian
2.
Alat/Bahan
v Penggaris,
spidol, papan tulis
v Laptop &
infocus
G.
Sumber Belajar
v Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas
IX, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
v Kamus Bahasa
Inggris
v Pengalaman
peserta didik dan guru
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 (4 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
Aperpepsi
|
||||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
|||
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
|||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
|||
Motivasi
|
||||
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
|||
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|||
|
||||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
|||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
|||
Pemberian Acuan
|
||||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
|||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
|||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
|||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
|
||||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
|||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan
cara :
|
||||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
|
|||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
|||
Mengamati
|
||||
Lembar kerja materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi
|
||||
Pemberian contoh-contoh materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif,
dsb
|
||||
Membaca.
|
||||
Kegiatan literasi ini dilakukan di
rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Ungkapan-unkapan
yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
||||
Menulis
|
||||
Menulis resume dari hasil
pengamatan dan bacaan terkait Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan
dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
||||
Mendengar
|
||||
Pemberian materi Ungkapan-unkapan
yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi oleh
guru.
|
||||
Menyimak
|
||||
Penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||||
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
||||
|
||||
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
||||
CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
|
||||
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
|
||||
→
|
Mengajukan pertanyaan tentang
materi :
|
|||
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|||
|
|
|||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||||
Data Collection
KEGIATAN LITERASI
|
|
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
|
|
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
|
Mengamati dengan seksama materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
→
|
Membaca sumber lain selain buku
teks
|
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang
sedang dipelajari.
|
→
|
Aktivitas
|
|
Menyusun daftar pertanyaan atas
hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang
akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang
sedang dipelajari.
|
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara
sumber
|
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan
dengan materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu
kebahagiaan dan prestasi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
|
|
|
COLLABORATION
(KERJASAMA)
|
|
Peserta didik dibentuk dalam
beberapa kelompok untuk:
|
|
→
|
Mendiskusikan
|
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi
|
→
|
Mengumpulkan informasi
|
|
Mencatat semua informasi tentang
materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu
kebahagiaan dan prestasi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
→
|
Mempresentasikan ulang
|
|
Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi sesuai dengan pemahamannya.
|
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|
|
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
Processing
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
|
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|
→
|
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
|
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|
|
→
|
Mengolah informasi dari materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan
dan prestasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
|
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa
soal mengenai materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa
atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
Verification
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
|
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|
|
antara lain dengan : Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan
oleh peserta didik.
|
Generalization
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
|
|
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
|
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|
|
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan
harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
|
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
|
|
→
|
Menyimpulkan tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
|
Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
|
|
→
|
Menjawab pertanyaan tentang
materi Ungkapan-unkapan yang relevan
dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang akan
selesai dipelajari
|
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Ungkapan-unkapan yang relevan dengan
harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Catatan : Selama pembelajaran Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan
dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
Kegiatan Penutup
Peserta didik
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu
kebahagiaan dan prestasi yang baru dilakukan.
|
Mengagendakan pekerjaan rumah
untuk materi pelajaran
Ungkapan-unkapan yang relevan dengan harapan dan doa atas suatu
kebahagiaan dan prestasi yang baru diselesaikan.
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
Guru :
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Ungkapan-unkapan yang relevan dengan
harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
Memberikan penghargaan untuk
materi pelajaran Ungkapan-unkapan yang
relevan dengan harapan dan doa atas suatu kebahagiaan dan prestasi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan
perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran
maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh
instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku
yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru
kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai
kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka
guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini,
menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian
yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian
:
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik
untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru
telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan
juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya
:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal
(Lihat lampiran)
2. Penilaian Pengetahuan
Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat
memahami
|
5
|
4
|
|
Memahami
|
4
|
3
|
|||
Cukup
memahami
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
memahami
|
2
|
1
|
||
Tidak
memahami
|
1
|
|
|||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks yang
digunakan sangat
runtut
|
5
|
4
|
|
Struktur
teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
|
|||
Struktur
teks yang digunakan cukup runtut
|
3
|
2
|
|||
Struktur teks yang
digunakan kurang
runtut
|
Struktur teks yang
digunakan hampir
tidak
runtut
|
2
|
1
|
||
Struktur teks yang
digunakan tidak
runtut
|
1
|
|
|||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat
variatif dan tepat
|
5
|
4
|
|
Variatif
dan tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup
variatif dan tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang variatif dan
tepat
|
Hampir tidak
variatif
dan tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak variatif dan
tepat
|
1
|
|
|||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan tata bahasa
kurang
tepat
|
Pilihan tata bahasa
hampir
tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan tata bahasa
tidak
tepat
|
1
|
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Penilaian
Presentasi/Monolog
Nama peserta
didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang baik
|
1.
|
Organisasi
presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
|
|
2.
|
Isi
presentasi (kedalaman, logika)
|
|
|
3.
|
Koherensi
dan kelancaran berbahasa
|
|
|
4.
|
Bahasa:
|
|
|
|
Ucapan
|
|
|
|
Tata
bahasa
|
|
|
|
Perbendaharaan
kata
|
|
|
5.
|
Penyajian
(tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
|
|
Skor maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat
skor 2
Kurang baik
mendapat skor 1
b.
Rubrik untuk
Penilaian Unjuk Kerja
AKTIVITAS
|
KRITERIA
|
||
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
|
Melakukan
Observasi
|
Tidak
jelas pelaksanaannya
|
Beberapa
kegiatan jelas dan terperinci
|
Semua
kegiatan jelas dan terperinci
|
Role
Play
|
Membaca
script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
Lancar
dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
Simulasi
|
Fungsi
social tidak tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tidak tepat
|
Fungsi
social kurang tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan kurang tepat
|
Fungsi
social tercapai, ungkapan dan unsure kebahasaan tepat
|
Presentasi
|
Tidak
lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
Lancar,
topik jelas, dan menggunakan slide presentasi tetapi kurang menarik
|
Sangat
lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
|
Melakukan
Monolog
|
Membaca
teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
Kurang
lancar, fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan tepat dan
kalimat berkembang, serta ada transisi
|
Lancar
mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat
berkembang, serta ada transisi
|
Keterangan:
MAHIR mendapat skor 3
MEMUASKAN mendapat skor 2
TERBATAS mendapat skor 1
c.
Penilaian
Portofolio
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Alokasi Waktu : 1
Semester
Sampel yang
Dikumpulkan : karangan
Nama Peserta
didik : ______________ Kelas
:_________
No
|
Kompetensi Dasar
|
Periode
|
Contoh aspek yang
dinilai
|
Catatan pendidik
|
|||
Tata
bahasa
|
Perbendaharaan
kata
|
Kelengkapan
gagasan
|
Sistematika
|
||||
1.
|
Menulis
karangan deskriptif
|
30/7
|
|
|
|
|
|
10/8
|
|
|
|
|
|
||
....
dst
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Membuat
Resensi Buku
|
1/9
|
|
|
|
|
|
30/9
|
|
|
|
|
|
||
....
dst
|
|
|
|
|
|
d.
Penilaian
Kemampuan Menulis
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Keaslian
Penulisan
|
Sangat
original
|
5
|
4
|
|
Original
|
4
|
3
|
|||
Cukup
original
|
3
|
2
|
|||
Kurang
memahami
|
Hampir tidak
original
|
2
|
1
|
||
Tidak
original
|
1
|
|
|||
2
|
Kesesuaian
isi dengan
judul
|
Isi
sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
|
|
Isi
sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||
Isi
cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
|
|||
Isi
kurang sesuai dengan judul
|
Isi hampir tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Isi
tidak sesuai dengan judul
|
1
|
|
|||
3
|
Keruntutan
Teks
|
Keruntutan
teks sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Keruntutan
teks tepat
|
4
|
3
|
|||
Keruntutan
teks cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Keruntutan
teks kurang tepat
|
Isi hampir tidak
sesuai
dengan judul
|
2
|
1
|
||
Keruntutan
teks tidak tepat
|
1
|
|
|||
4
|
Pilihan
Kosakata
|
Pilihan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
kosakata kurang tepat
|
Pilihan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
kosakata tidak tepat
|
1
|
|
|||
5
|
Pilihan
tata bahasa
|
Pilihan
tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Pilihan
tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||
Pilihan
tata bahasa cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Pilihan
tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan
tata bahasa hamper tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Pilihan
tata bahasa tidak tepat
|
1
|
|
|||
6
|
Penulisan Kosakata
|
Penulisan
kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|
Penulisan
kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||
Penulisan
kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||
Penulisan
kosakata kurang tepat
|
Penulisan
kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Penulisan
kosakata tidak tepat
|
1
|
|
|||
7
|
Kerapihan
Tulisan
|
Tulisan
rapi dan mudah terbaca
|
5
|
4
|
|
Tulisan
tidak rapi tetapi mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan tidak mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||
Tulisan
tidak rapi dan sulit terbaca
|
Tulisan
rapi dan hamper tidak terbaca
|
2
|
1
|
||
Tulisan
tidak rapi dan tidak terbaca
|
1
|
|
e.
Penilaian
Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|
1
|
Pengucapan (pronounciation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada
beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu
makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
1
|
|
|||
2
|
Intonasi (intonation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
4
|
|
Ada
beberapa kesalahan, tetapi tidak
mengganggu
makna
|
4
|
3
|
|||
Ada beberapa
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
3
|
2
|
|||
Banyak kesalahan
dan mengganggu
makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan
mengganggu
makna
|
1
|
|
|||
3
|
Kelancaran (fluency)
|
Sangat
lancar
|
5
|
4
|
|
Lancar
|
4
|
3
|
|||
Cukup
lancar
|
3
|
2
|
|||
Kurang
lancar
|
Sangat
tidak lancar
|
2
|
1
|
||
Tidak
lancar
|
1
|
|
|||
4
|
Ketepatan Makna (accuracy)
|
Sangat
tepat
|
5
|
4
|
|
Tepat
|
4
|
3
|
|||
Cukup
tepat
|
3
|
2
|
|||
Kurang
tepat
|
Hampir
tidak tepat
|
2
|
1
|
||
Tidak
tepat
|
1
|
|
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang angka
|
1.
|
Sangat
Baik (A)
|
86-100
|
2.
|
Baik
(B)
|
71-85
|
3.
|
Cukup
(C)
|
56-70
|
4.
|
Kurang
(D)
|
≤
55
|
4.
Pengayaan
Bagi peserta
didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah
dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.
5.
Pengayaan
Bagi peserta
didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah
dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial
Tanah
Pinem,16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMPN 1 Tanah Pinem Guru
Mata Pelajaran
Sekata, S.Pd Rusmala Rosa Turnip
NIP.19630523 198703 1 003 NIP. 19800119
200805 2 001
Catatan Kepala
Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar