Bahasa Inggris
Kelas : IX (Sembilan)
Kompetensi
Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan,
doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
· Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur kebahasaan
- Ungkapan a.l. Congratuloations, I hope so, I wish you luck; dll.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Prestadi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkan perilaku
yang termuat di KI
|
· Menyimak,
menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar
· Mengidentifikasi
ungkapan yang sedang dipelajari
· Menanyakan
hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
· Menentukan
ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang
serupa.
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajar
|
4.1 Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu
kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to,
so that (dis)agreement)
|
· Fungsi sosial
Membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan
· Struktur teks
- Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur Kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan interogatif
dengan modal: will, be going to.
- Ungkapan persetujuan: I agree. That’s a good idea. I don’t think
it’s a good idea.
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb.
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Tindakan dan kegiatan peserta didik di sekolah, rumah,
dan lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
beberapa teks pendek yang berisi rencana dan kemauan untuk melakukan
perbaikan diri
· Bertanya
jawab tentang rencana dan kemauan yang disebutkan dalam teks.
· Menyimak,
membaca, dan menirukan, guru membacakan teks-teks tersebut dengan suara
lantang
· Menanyakan
hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda
· Bertanya
jawab dengan teman tentang rencana dan kemauan untuk menghadapi ujian akhir
sebaik-baiknya
· Memaparkan
hasil temuannya dalam bentuk teks pendek tentang temannya.
· Mempresentasikan
di kelompok lain dan bertanya jawab tentang isi teks
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
3.3 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/
minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Fungsi
sosial
Memilih obat/makanan/ minuman yang sehat dan aman,
menghindari efek negatif, dan mendapatkan hasil terbaik
· Struktur Teks
Dapat mencakup, nama asli dan nama
dagang obat, deskripsi, volume, bahan, cara menggunakan, cara menyimpan,
tanggal kadaluarsa
· Unsur Kebahasaan
-
Istilah khusus terkait dengan produk.
-
Kalimat imperatif
-
Tata bahasa: frasa nominal untuk menyebut benda, cara
menyebut jumlah/ukuran
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Informasi tentang obat/ makanan/minuman yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
dan mengidentifikasi berbagai informasi yang tertera di label obat/makanan/ minuman dengan
menuliskan informasi ke dalam tabel analisis
· Mempelajari
contoh mempresentasikan isi tabel, dan kemudian belajar menyampaikan secara
lisan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
· Melakukan
langkah-langkah yang sama yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengamati
label makanan dan minuman
· Mempresentasikan
hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.3 Menangkap
makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendekdansederhana, terkait
obat/makanan/ minuman
|
||
3.4 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan
dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman
dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Fungsi
sosial
Mendapatkan hasil terbaik secara efektif dan efisien,
menghindari kerusakan, kecelakaan, dan pemborosan
· Struktur
Teks
Dapat mencakup
- nama makanan, minuman,
- alat, mesin, bahan, aparatus yang
diperlukan,
- cara memasak, menggunakan dalam bentuk
langkah-langkah kerja secara berurutan
· Unsur
Kebahasaan
-
Kosa kata khusus terkait dengan produk,
-
Frasa nominal
untuk menyebut benda
-
kata sambung first,
next, then, finally.
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Resep makanan/minuman, manual peralatan yang terkait
dengan kehidupan peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Didektekan
beberapa resep makanan/ minuman oleh guru menulis dengan tangan beberapa resep di buku catatan
masing-masing sambil mengucapkan setiap kata dengan ucapan dan tekanan kata
yang benar
· Dengan
menggunakan tabel, menganalisis struktur nomina yang digunakan untuk
menyebutkan benda-benda
· Dengan
cara yang sama menganalisis struktur kalimat yang menyebutkan langkah kerja
· Mencermati
manual, dan berlatih membacakan dengan suara lantang, dengan ucapan dan
tekanan kata yang benar
· Menyalin
resep makanan/minuman dari buku resep dengan ditulis tangan dan kemudian
ditempel di dinding kelas atau majalah dinding
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.4 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam
bentuk resep dan manual
|
||
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/
terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai
dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous,
past continuous, will+continuous)
|
· Fungsi
sosial
Mendeskripsikan, melaporkan, menjelaskan
· Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur
kebahasaan
- Kalimat deklaratif dan interogative
dalam present continuous tense, past
continuous, dan continuous dengan modal will.
- Klausa
adverbial dengan kata sambung when... ,
while...
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian
di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
dan mencermati teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian,
kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa
lampau dan di waktu yang akan datang
· Melengkapi
kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan
ejaan dan tanda baca yang benar
· Bertanya
jawab tentang kegiatan/peristiwa yang sedang berlangsung pada saat ini, satu
titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang disebutkan
dalam teks lain lagi
· Mengumpulkan
informasi tentang kesibukan beberapa orang dalam teks-teks pendek dan
sederhana dengan menyebutkan apa yang sedang dilakukan saat ini, pada satu
titikdi waktu lampau dan yang akan datang
· Menempelkan
karyanya di dinding kelas atau majalah dinding
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.5 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang
dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang,
dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
||
3.6 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/ telah
dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa
menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan konteks
penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present perfect tense)
|
· Fungsi
sosial
Mendeskripsikan, melaporkan, menjelaskan.
· Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur
kebahasaan
-
Kalimat
deklaratif dan interogative dalam present perfect tense.
-
Kata sambung: since,
for; kata penunjuk waktu now
-
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Keadaan/tindakan/
kegiatan/kejadian di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didikyang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
dan mencermati teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian,
kegiatan yang terjadi di masa lampau tanpa menyebutkan waktu terjadinya
secara spesifik
· Melengkapi
kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan
ejaan dan tanda baca yang benar.
· Bertanya
jawab tentang kegiatan/peristiwa di waktu lampau tanpa menyebutkan waktu
terjadinya secara spesifik yang mereka dan anggota keluarga atau temannya
alami
· Mengumpulkan
informasi tentang untuk membuat teks-teks pendek dan sederhana
· Saling
mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing
dengan teman-temannya, secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang
benar
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.6 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang
sudah/telah dilakukan/ terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan
sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
||
3.7 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Fungsi sosial
Mendapatkan/memberikan hiburan, mengambil teladan
nilai-nilai luhur
· Struktur teks
Dapat mencakup:
-
Orientasi
-
Evaluasi
-
Krisis
-
Resolusi
-
Reorientasi
· Unsur kebahasaan
-
Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam simple past tense
- Frasa adverbia: a
long time ago, once upon a time, in the end, happily ever after
-
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Cerita yang memberikan keteladanan dan dapat
menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
|
· Menyimak
guru membacakan beberapa teks fairytales, sambil bertanya jawab tentang isi
cerita
· Mempelajari
cara membacakan dongeng dengan menyimak dan meniru guru membaca cerita,
ucapan, dan tekanan kata yang benar
· Menanyakan
informasi terkait isi teks yang sedang dipelajari.
· Menyebutkan
bagian-bagian cerita yang memuat pesan yang disebutkan
· Membaca
satu cerita lagi dan bertanya jawab dengan teman tentang isi ceritanya
· Melengkapi
ringkasan cerita dengan kata-kata dan ungkapan yang yang tepat sesuai cerita
· Membacakan
ringkasan dengan suara nyaring dalam kelompok masing-masing
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.7 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairytales
|
||
3.8 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsur
kebahasaan passive voice)
|
· Fungsi
sosial
Mendeskripsikan, memaparkan secara obyektif
· Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
· Unsur
kebahasaan
-
Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam passive voice
- Preposisi by
- Nomina singular dan plural dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Hasil kerajinan, makanan, dsb.
yang sangat dikenal yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
dan mencermati beberapa deskripsi tentang makanan khas dengan banyak
menggunakan kalimat pasif
· Melengkapi
kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan
ejaan dan tanda baca yang benar
· Mengumpulkan
informasi tentang beberapa benda yang dideskripsikan dengan banyak
menggunakan kalimat pasif
· Saling
mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing
dengan teman-temannya, secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang
benar
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.8 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
|
||
3.9 Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information
report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata
pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
· Fungsi sosial
Mempresentasikan pengetahuan umum tentang orang, benda,
binatang, fenomena sosial, dan fenomena alam, secara ilmiah dan obyektif
· Struktur teks
Dapat mencakup:
-
jenis,
golongan, spesies dari obyek secara umum
-
unsur-unsur rincian deskripsi tentang
obyek pada umumnya
· Unsur kebahasaan
-
Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam simple present tense dan passive voice
-
Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a,
the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Tumbuhan, hewan, teknologi, dan gejala/ peristiwa alam
dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca
beberapa teks information report terkait mata pelajaran lain di Kelas IX
· Menggunakan
alat analisis, mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks report dan
mengamati cara penggunaanya, seperti yang dicontohkan
· Bertanya
jawab tentang beberapa teks lain lagi dengan topik yang berbeda
· Menempelkan
teks masing-masing di dinding kelas untuk dibaca temannya
· Mempresentasikan
teksnya kepada teman-teman yang mendatangi
· Tiap
kelas membuat satu proyek menulis booklet tentang flora fauna lokal, yang
hasilnya akan dilombakan dengan kelas lain.
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.9. Teks Information Report
4.9.1 Menangkapmakna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks information report lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata
pelajaran lain di Kelas IX
4.9.2 Menyusun
teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait
topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
||
3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk
iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
· Fungsi
sosial
Mempromosikan produk dan jasa
· Struktur
Teks
Dapat mencakup:
- Visual
- Logo
- Headline
- Sub-headline (lebih rinci daripada headline)
- Body
copy (uraian pesan yang lebih detail dari sub-headline)
· Unsur
Kebahasaan
-
Ungkapan dan kata sesuai dengan kekhasan setiap iklan
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Produk dan jasa terkait dengan kehidupan peserta didik
SMP/MTs yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Mencermati
iklan pendek dan sederhana dan dengan contoh mengidentifikasi bagian-bagian
iklan dan ungkapan atau kata yang digunakan dengan menggunakan tabel analisis
· Menggunakan
tabel analisis, mencermati beberapa iklan lain untuk mengidentifikasi
bagian-bagiannya
· Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan beberapa iklan dari segi isi dan bentuk
· Mempresentasikan
hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana,
terkait produk dan jasa
|
||
3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
· Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang
positif
· Unsur kebahasaan
-
Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Hal-hal
yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
· Membaca,
menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan
· Menanyakan
hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
· Menyebutkan
pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu
· Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
4.11 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar