Jumat, 25 Januari 2019

SIlabus Mapel Bahasa Inggris Kelas 9 k13


Bahasa Inggris  
Satuan Pendidikan                 : SMPN 1 Tanah Pinem
Silabus
Kelas                                      : IX (Sembilan)

Kompetensi Inti                   :
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-    Ungkapan a.l. Congratuloations, I hope so, I wish you luck; dll.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Prestadi dan kebahagiaan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Menyimak, menirukan, dan memperagakan beberapa contoh percakapan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Mengidentifikasi ungkapan yang sedang dipelajari
·   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda.
·   Menentukan ungkapan yang tepat secara lisan/tulis dari berbagai situasi lain yang serupa.
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar
4.1    Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dan menanggapinya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.2    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan to, in order to, so that (dis)agreement)
·   Fungsi sosial
Membuat rencana, menunjukkan kesungguhan, mengarahkan
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur Kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogatif dengan modal: will, be going to.
-    Ungkapan persetujuan: I agree. That’s a good idea. I don’t think it’s a good idea.
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Tindakan dan kegiatan peserta didik di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca beberapa teks pendek yang berisi rencana dan kemauan untuk melakukan perbaikan diri
·   Bertanya jawab tentang rencana dan kemauan yang disebutkan dalam teks.
·   Menyimak, membaca, dan menirukan, guru membacakan teks-teks tersebut dengan suara lantang
·   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda
·   Bertanya jawab dengan teman tentang rencana dan kemauan untuk menghadapi ujian akhir sebaik-baiknya
·   Memaparkan hasil temuannya dalam bentuk teks pendek tentang temannya.
·   Mempresentasikan di kelompok lain dan bertanya jawab tentang isi teks
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.2    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait maksud, tujuan, persetujuan melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.3    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk label, dengan meminta dan memberi informasi terkait obat/makanan/ minuman, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Memilih obat/makanan/ minuman yang sehat dan aman, menghindari efek negatif, dan mendapatkan hasil terbaik
·   Struktur Teks
Dapat mencakup, nama asli dan nama dagang obat, deskripsi, volume, bahan, cara menggunakan, cara menyimpan, tanggal kadaluarsa
·   Unsur Kebahasaan
-    Istilah khusus terkait dengan produk.
-    Kalimat imperatif
-    Tata bahasa: frasa nominal untuk menyebut benda, cara menyebut jumlah/ukuran
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Informasi tentang obat/ makanan/minuman yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca dan mengidentifikasi berbagai informasi yang tertera di  label obat/makanan/ minuman dengan menuliskan informasi ke dalam tabel analisis
·   Mempelajari contoh mempresentasikan isi tabel, dan kemudian belajar menyampaikan secara lisan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Melakukan langkah-langkah yang sama yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengamati label makanan dan minuman
·   Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.3    Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk label pendekdansederhana, terkait obat/makanan/ minuman
3.4    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Mendapatkan hasil terbaik secara efektif dan efisien, menghindari kerusakan, kecelakaan, dan pemborosan
·   Struktur Teks
Dapat mencakup
-     nama makanan, minuman,
-     alat, mesin, bahan, aparatus yang diperlukan,
-     cara memasak, menggunakan dalam bentuk langkah-langkah kerja secara berurutan
·   Unsur Kebahasaan
-     Kosa kata khusus terkait dengan produk,
-     Frasa nominal untuk menyebut benda
-     kata sambung first, next, then, finally.
-     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Resep makanan/minuman, manual peralatan yang terkait dengan kehidupan peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Didektekan beberapa resep makanan/ minuman oleh guru menulis dengan tangan  beberapa resep di buku catatan masing-masing sambil mengucapkan setiap kata dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Dengan menggunakan tabel, menganalisis struktur nomina yang digunakan untuk menyebutkan benda-benda
·   Dengan cara yang sama menganalisis struktur kalimat yang menyebutkan langkah kerja
·   Mencermati manual, dan berlatih membacakan dengan suara lantang, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Menyalin resep makanan/minuman dari buku resep dengan ditulis tangan dan kemudian ditempel di dinding kelas atau majalah dinding
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.4    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual
3.5    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous)
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, melaporkan, menjelaskan
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-   Kalimat deklaratif dan interogative dalam present continuous tense, past continuous, dan continuous dengan modal will.
-   Klausa adverbial dengan kata sambung when... , while...
-   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca dan mencermati teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang
·   Melengkapi kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan ejaan dan tanda baca yang benar
·   Bertanya jawab tentang kegiatan/peristiwa yang sedang berlangsung pada saat ini, satu titik waktu di masa lampau dan di waktu yang akan datang yang disebutkan dalam teks lain lagi
·   Mengumpulkan informasi tentang kesibukan beberapa orang dalam teks-teks pendek dan sederhana dengan menyebutkan apa yang sedang dilakukan saat ini, pada satu titikdi waktu lampau dan yang akan datang
·   Menempelkan karyanya di dinding kelas atau majalah dinding
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.5    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan   memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/ terjadi pada saat ini, waktu lampau, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsisosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.6    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/ telah dilakukan/terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present perfect tense)
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, melaporkan, menjelaskan.
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogative dalam present perfect tense.
-    Kata sambung: since, for; kata penunjuk waktu now
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didikyang dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
·   Membaca dan mencermati teks-teks pendek dan sederhana tentang beberapa kejadian, kegiatan yang terjadi di masa lampau tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik
·   Melengkapi kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan ejaan dan tanda baca yang benar.
·   Bertanya jawab tentang kegiatan/peristiwa di waktu lampau tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik yang mereka dan anggota keluarga atau temannya alami
·   Mengumpulkan informasi tentang untuk membuat teks-teks pendek dan sederhana
·   Saling mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing dengan teman-temannya, secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.6    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/ terjadi di waktu lampau dikaitkan dengan keadaan sekarang, tanpa menyebutkan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.7    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairytales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Mendapatkan/memberikan hiburan, mengambil teladan nilai-nilai luhur
·   Struktur teks
Dapat mencakup:
-          Orientasi
-          Evaluasi
-          Krisis
-          Resolusi
-          Reorientasi
·   Unsur kebahasaan
-      Kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple past tense
-      Frasa adverbia: a long time ago, once upon a time, in the end, happily ever after
-      Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Cerita yang memberikan keteladanan dan dapat menumbuhkanperilaku yang termuat di KI
·   Menyimak guru membacakan beberapa teks fairytales, sambil bertanya jawab tentang isi cerita
·   Mempelajari cara membacakan dongeng dengan menyimak dan meniru guru membaca cerita, ucapan, dan tekanan kata yang benar
·   Menanyakan informasi terkait isi teks yang sedang dipelajari.
·   Menyebutkan bagian-bagian cerita yang memuat pesan yang disebutkan
·   Membaca satu cerita lagi dan bertanya jawab dengan teman tentang isi ceritanya
·   Melengkapi ringkasan cerita dengan kata-kata dan ungkapan yang yang tepat sesuai cerita
·   Membacakan ringkasan dengan suara nyaring dalam kelompok masing-masing
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.7    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairytales
3.8    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, memaparkan secara obyektif
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-      Kalimat deklaratif dan interogatif dalam passive voice
-      Preposisi by
-      Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Hasil kerajinan, makanan, dsb. yang sangat dikenal yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca dan mencermati beberapa deskripsi tentang makanan khas dengan banyak menggunakan kalimat pasif
·   Melengkapi kalimat dengan jawaban berupa ungkapan-ungkapan yang diambil teks, dengan ejaan dan tanda baca yang benar
·   Mengumpulkan informasi tentang beberapa benda yang dideskripsikan dengan banyak menggunakan kalimat pasif
·   Saling mempresentasikan, menyimak dan bertanya jawab tentang teks masing-masing dengan teman-temannya, secara lisan, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.8    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan/ tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice)
3.9    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Mempresentasikan pengetahuan umum tentang orang, benda, binatang, fenomena sosial, dan fenomena alam, secara ilmiah dan obyektif
·   Struktur teks
Dapat mencakup:
-    jenis, golongan, spesies dari obyek secara umum
-    unsur-unsur rincian deskripsi tentang obyek pada umumnya
·   Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif dan interogatif dalam simple present tense dan passive voice
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Tumbuhan, hewan, teknologi, dan gejala/ peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca beberapa teks information report terkait mata pelajaran lain di Kelas IX
·   Menggunakan alat analisis, mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks report dan mengamati cara penggunaanya, seperti yang dicontohkan
·   Bertanya jawab tentang beberapa teks lain lagi dengan topik yang berbeda
·   Menempelkan teks masing-masing di dinding kelas untuk dibaca temannya
·   Mempresentasikan teksnya kepada teman-teman yang mendatangi
·   Tiap kelas membuat satu proyek menulis booklet tentang flora fauna lokal, yang hasilnya akan dilombakan dengan kelas lain.
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.9.      Teks Information Report
4.9.1    Menangkapmakna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX
4.9.2    Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
3.10     Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk  iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya
·   Fungsi sosial
Mempromosikan produk dan jasa
·   Struktur Teks
Dapat mencakup:
-     Visual
-     Logo
-     Headline
-     Sub-headline (lebih rinci daripada headline)
-     Body copy (uraian pesan yang lebih detail dari sub-headline)
·   Unsur Kebahasaan
-     Ungkapan dan kata sesuai dengan kekhasan setiap iklan
-     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Produk dan jasa terkait dengan kehidupan peserta didik SMP/MTs yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Mencermati iklan pendek dan sederhana dan dengan contoh mengidentifikasi bagian-bagian iklan dan ungkapan atau kata yang digunakan dengan menggunakan tabel analisis
·   Menggunakan tabel analisis, mencermati beberapa iklan lain untuk mengidentifikasi bagian-bagiannya
·   Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan beberapa iklan dari segi isi dan bentuk
·   Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelompok lain
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.10     Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa
3.11     Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
·   Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·   Unsur kebahasaan
-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
·   Membaca, menyimak, dan menirukan lirik lagu secara lisan
·   Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda
·   Menyebutkan pesan yang terkait dengan bagian-bagian tertentu
·   Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
4.11     Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TESTIMONI Mengikuti Kegiatan Sagusablog Live DS

TESTIMONI  Mengikuti Kegiatan Sagusablog Live Deli Serdang Kesan Selamat sore para pengunjung blog turniprusmala19.blogspot.com! Kegiata...